Tanya Jawab Tentang Pemasteran Burung Berkicau

Suara kicauan burung adalah musik alunan tembang paling sempurna bagi setiap Kicaumania.

1. Apakah benar variasi irama lagu burung berkicau bukan warisan genetis dari kedua induk burung? Mohon dijelaskan secara ilmiah.

Benar. Untuk burung berkicau, hampir seluruhnya proses melantunkan irama lagu atau varisi lagu yang dilantunkan adalah hasil proses pembelajaran dan hapalan yang dipelajari burung dari usia dini dari suara-suara yang ada di lingkungan tempat burung tersebut tumbuh besar.

Secara ilmiah, otak burung berkicau memiliki tempat menyimpan data ingatan akan bunyi-bunyian nada yang disebut dengan Auditory Memory . Fungsinya menyimpan dan memproses secara sistematis dan akan me-replay kembali sewaktu burung tersebut akan bernyanyi.

Dasar ilmiah tentang ini bisa dilihat di Dasar Ilmiah Pemasteran Burung Berkicau.


2. Apa syarat terpenting yang harus diperhatikan agar pemasteran (memaster) burung berkicau dapat optimal?

Hal yang paling penting adalah memilih suara master (suara burung master) yang memiliki karakter lagu yang cocok dengan burung yang akan di master. Contohnya: Memaster burung Kenari dengan suara burung Herda Sanger dan suara burung Blackthroat. Suara burung Herda Sanger dan suara burung Blackthroat memiliki karakter nada yang sama, yaitu pendek-pendek yang disambung menjadi rangkaian nada. Disamping itu, jenis nada dan lebar frekuensi nadanya juga memiliki kesamaan.